Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Secara Lengkap
Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Secara Lengkap

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Secara Lengkap

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Secara Lengkap, Doa adalah sebuah bentuk pengakuan dan permohonan kepada Tuhan untuk meminta perlindungan dan keamanan. Dalam hal ini, doa untuk kendaraan laut, udara, dan darat sangat penting bagi setiap pengendara atau penumpang untuk meminta keamanan dan perlindungan selama perjalanan. Rasulullah SAW dalam haditsnya pernah mengajarkan bacaan doa naik kendaraan darat, laut, dan udara.

Lihat Juga Tata Cara, Doa dan Waktu Terbaik Shalat Istikharah

Membaca doa di dalam perjalanan sendiri merupakan salah satu doa yang mustajab sesuai dengan bunyi hadits riwayat berikut,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ ‏”

Artinya: Ada tiga doa yang mustajab (dikabulkan), tak ada keraguan padanya; doa orang dizalimi, doa musafir, dan doa seorang bapak untuk anaknya (HR Abu Daud).

Di samping itu, Nabi Nuh AS juga pernah mencontohkan bacaan doa naik kendaraan saat hendak mengendarai kapalnya. Hal ini termaktub dalam surah Hud ayat 41,

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: Dan dia berkata, “Naiklah kamu semua ke dalamnya (kapal) dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Doa Naik Kendaraan Darat
Doa Naik Kendaraan Darat

Doa Naik Kendaraan Darat

Setiap orang tentu saja menginginkan keselamatan saat berada di manapun, termasuk ketika tengah dalam perjalanan. Sebab bukan tidak mungkin terjadi sesuatu yang tak diinginkan selama dalam perjalanan.

Doa Naik Kendaraan Darat 1

Setiap orang tentu saja menginginkan keselamatan saat berada di manapun, termasuk ketika tengah dalam perjalanan. Sebab bukan tidak mungkin terjadi sesuatu yang tak diinginkan selama dalam perjalanan. Maka dari itu membaca doa naik kendaraan darat sangatlah dianjurkan.

Berikut bacaan doa naik kendaraan darat yang pertama:

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya:“ Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. Padahal, sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.”

Doa Naik Kendaraan Darat 2

Berikut bacaan doa naik kendaraan darat yang kedua:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya:“ Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Doa Naik Kendaraan Darat 3

Berikut bacaan doa naik kendaraan yang ketiga:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillahi majreha wa mursaha inna robbi laghofurrohim.

Artinya:” Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa Naik Kendaraan Laut

sebuah doa yang biasanya dipanjatkan sebelum atau saat berlayar di atas kapal atau kendaraan laut. Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan dan keselamatan selama perjalanan di laut.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (HR Imam Nawawi).

Doa Naik Kendaraan Udara

Bepergian dengan menaiki kendaraan tentu saja keinginan kita sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan berkah.

للهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridloi.

Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga,”

Doa Selamat Sampai Tujuan

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ آوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْ

Alhamdulillahil-ladzii salamanii wal-ladzii aawanii wal-ladzii jama’as-syamlabii

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dan telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku,”

Gabung Sekarang