Doa Sebelum Ujian agar Diberikan Kemudahan dan Kelancaran
Doa Sebelum Ujian agar Diberikan Kemudahan dan Kelancaran

Doa Sebelum Ujian agar Diberikan Kemudahan dan Kelancaran

Doa Sebelum Ujian agar Diberikan Kemudahan dan Kelancaran, Dalam ajaran Islam, mengawali segala sesuatu dengan doa merupakan bentuk berserah diri kepada Allah SWT agar apa yang dilakukan bisa membawa manfaat. Begitu pun saat kamu menghadapi ujian di sekolah. Tidak ada salahnya memanjatkan doa sebelum ujian, dengan harapan diberikan oleh Allah SWT kemudahan dan kelancaran saat mengerjakan soal.

Belajar atau menuntut ilmu merupakan salah satu bentuk ibadah yang disukai Allah SWT, sebagaimana dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasul bersabda:

Artinya: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR.Muslim).

Sebelum memasuki jadwal ujian, Anda dapat memperbanyak amalan zikir setiap selesai salat fardu atau sunah. Adapun zikir sebelum ujian yang bisa dilafalkan:

1. Subhanallah 33X
2. Alhamdulillah 33X
3. Laa ilaha illallah 33X
4. Allahu Akbar 33X

Kekuatan doa ini dinilai sangat dahsyat karena sebesar apa pun usahanya, jika tidak dibarengi dengan doa maka akan terasa kurang yakin.

Doa Sebelum Ujian

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rangkaian doa sebelum ujian sampai dengan selesai mengerjakan soal-soal ulangan yang bisa diamalkan.

1. Doa Sebelum Melaksanakan Ujian

Di bawah ini terdapat doa sahih dari Ibnu Hibban dalam Takhrij Al Adzkar hal 106, supaya mendapat kemudahan dan kelancaraan saat menghadapi ujian.

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allaahuma laa sahla illa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.”

Artinya: “Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

2. Doa Ketika Menjawab Soal Ujian

Ketika hendak menjawab soal-soal ujian, Anda dapat membaca doa ini untuk meminta petunjuk Allah SWT, sehingga mendapat keyakinan dalam menentukan jawaban yang tepat.

اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اسْتَوْدَعْتُكَ جَمِيْعَ مَا قَرَأْتُهُ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِيْ اِلَيْه

“Allahumma innistauda’tuka jami’ama qoro’tuhu fardudhu illayya ‘inda hajati ilaihi.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya hamba menitipkan semua apa pelajaran yang telah hamba baca dan mohon kembalikan kepada hamba, pada saat hamba membutuhkannya.”

3. Doa Selesai Ujian

Setelah selesai menuntaskan rangkaian ujian, jangan lupa untuk mengakhiri dengan bacaan doa berikut.

اللهُمَّ أَرِنَا الحَقَّ حَقّاً وَارْزُقْنَا التِبَاعَةَ وَأَرِنَا البَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

“Allahumma arinal haqqo haqqo warzuqnat tiba’ah wa arinal batila batila warzuqnajtinabah.”

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kebenaran kepada kami sebagai kebenaran dan karuniakanlah kepada kami untuk mengikutinya, serta tunjukkanlah kebatilan kepada kami sebagai kebatilan dan karuniakanlah kepada kami untuk menjauhinya.”

Selain membaca doa sebelum ujian pastikan kamu juga sudah belajar sebelumnya, sebagai bentuk ikhtiar kepada Allah SWT dalam menuntut ilmu yang bermanfaat.

Gabung Sekarang